Eko Hadiyanto
Blog Universitas Komputer Indonesia

Kalender Jawa 2022 Lengkap, Tolong Cari Hari Baik Berdasarkan Weton

Kalender Jawa 2022 Lengkap, Tolong Cari Hari Baik Berdasarkan Weton

Tahun baru 2022 telah di muka mata. Pasti banyak aktivitas yang telah kamu targetkan selama setahun ini. Supaya jalan secara lancar, tidak sembarangan tanggal dan hari dapat kamu tentukan. Karena, menurut keyakinan budaya Jawa, weton dan hari bisa mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan acara yang kamu bikin. Misalkan, untuk acara pernikahan, buka usaha atau berpindah rumah.

Jika kamu ingin ketahui, hari apa dan wetonnya yang terbaik untuk beragam aktivitasmu pada tahun 2022, berikut kalender Jawa 2022 komplet dan hari, pasaran, dan wuku. Baca, yok!

Penjelasan mengenai kalender Jawa

Kalender Jawa pertama kalinya mulai dipakai pada periode Kerajaan Mataram. Di bawah kekuasaan Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma (1613-1645 M), kalender Jawa mulai dipakai secara luas.

Perhitungan tanggal pada kalender Jawa termasuk unik. Karena, dalam perhitungannya, kalender Jawa dipengaruhi penanggalan secara Islam, Hindu dan Julian yang dari Romawi. Karena percampuran ke-3 budaya itu, karena itu didapatkan penanggalan Jawa seperti sekarang ini.

Kalender Jawa mempunyai lima hari pasaran

Berbeda dengan kalender masehi yang mempunyai tujuh hari, kalender Jawa cuman mempunyai lima hari yang disebutkan dengan pasaran. Nach, Pasaran dalam kalender Jawa yaitu Pahing, Pon, Legi, Wage, dan Kliwon.

Biasanya untuk cari hari baik, prosesnya dengan hitung pasaran dan hari masehi. Misalkan untuk mengadakan pernikahan, kamu harus hitung tanggal lahir kamu dan pasangan, dan ketahui hari pasarannya. Sesudah dijumlah, hari dan pasaran yang pas itu sebagai hari baik kamu untuk mengadakan pernikahan.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 03 Februari 22 - 21:57 WIB
Dalam Kategori : KALENDER JAWA 2022
Dibaca sebanyak : 97 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback