Eko Hadiyanto
Blog Universitas Komputer Indonesia

Pengertian Promosi, Tujuan, Tipe, dan Misalnya dengan Jelas

Pengertian Promosi, Tujuan, Tipe, dan Misalnya dengan Jelas

Kata-kata promosi tentu sudah sering kali kita saksikan dan kita dengar tiap hari disekitaran kita, dimulai dari percakapan rekan atau keluarga, dari media bikin, dari papan iklan atau papan billboard di jalan, dari radio, dari tv, dari internet, dan ada banyak kembali. Tapi kemungkinan ada banyak orang yang belum mengetahui secara jelas apakah itu pemahaman promo, beberapa jenisnya, maksudnya, dan beberapa contoh kongkret berkenaan promo ini. Dalam artikel berikut akan diterangkan tentang itu.

pengertian promosi

Berikut ini akan diuraikan beberapa pemahaman promo yang diambil dari sejumlah sumber yang paling dipercaya :

Promosi ialah memasang iklan satu produk atau merk, hasilkan pemasaran, dan membuat kesetiaan merk atau merek. Ini adalah dari 4 komponen dasar bauran marketing, yang meliputi empat P: price, product, promotion, and place atau harga, produk, promo, dan tempat.

Promosi meliputi sistem komunikasi yang dipakai pemasar untuk memberi info mengenai produknya. Info dapat memiliki sifat verbal dan visual.

Pengertian promosi ialah usaha untuk memberitahu atau tawarkan produk atau jasa pada dengan arah menarik calon customer untuk beli atau mengonsumsinya. Karena ada promo, produsen atau distributor menginginkan kenaikannya angka pemasaran.

Kalau menurut pakar marketing Harper Boyd : promo disimpulkan sebagai usaha merayu orang untuk terima produk, ide dan ide.

Menurut ahli marketing yang lain yakni Boone dan Kurtz, promo ialah proses memberitahukan, merayu, dan memengaruhi satu keputusan pembelian.

Sebenarnya ada banyak versus pemahaman promo yang disampaikan oleh beberapa pakar marketing di semua dunia, tapi ringkasannya lebih kurang sama, yakni promo untuk memberitahu, memberitahukan, tawarkan, merayu, atau menebarluaskan satu produk atau jasa ke calon customer dengan arah supaya calon customer itu pada akhirannya bisa lakukan pembelian.arah promo

Tujuan Promosi

Orang lakukan promo untuk capai satu arah tertentu, adapun arah promo berdasar ringkasan dari beragam sumber ialah :

1. Untuk menebarkanluaskan info satu produk ke calon customer yang prospektif
2. Untuk memperoleh customer baru dan untuk jaga kesetiaan customer itu
3. Untuk meningkatkan pemasaran dan keuntungan/keuntungan
4. Untuk membandingkan dan mengunggulkan produknya dibanding lewat produk pesaing
5. Untuk branding atau membuat citra produk di mata customer sesuai yang diharapkan
6. Untuk mengubah perilaku dan opini customer mengenai satu produk

Kesimpulannya, arah khusus dari promo ialah produsen atau distributor akan memperoleh peningkatan angka pemasaran dan tingkatkan keuntungan atau keuntungan.

Jenis-Jenis Promosi

Ada banyak sekali tipe dan langkah orang lakukan promo, berbeda produk atau jasa berbeda juga langkah dan media promo-nya. Berikut ialah beberapa jenis promo yang umum kita saksikan seperti diambil dari Wikipedia :

Promosi secara fisik

Promosi bisa diselenggarakan di lingkungan fisik yang umumnya dilaksanakan pada beberapa acara tertentu atau moment-event khusus yang diselenggarakan pada sebuah tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan sejenisnya. Umumnya beberapa penjual buka seperti "stand" atau "booth" untuk tampilkan dan tawarkan produk atau jasanya.

Kelebihan tipe promosi secara fisik dan langsung ialah bisa mencapai langsung beberapa calon customer, mereka bisa langsung menyaksikan produk atau jasa yang dijajakan, dan dapat segera menanyakan segala hal hal berkenaan produk atau jasa itu, dan dari faksi penjual ini digunakan untuk merayu dan membujuk calon customer supaya beli produk atau jasa yang mereka pasarkan di saat itu juga. Ya, hubungan di atas lapangan memungkinkan orang langsung lakukan pembelian.

Kekurangan langkah promosi secara fisik ialah benar-benar terbatasinya jumlah calon customer hanya karena diselenggarakan di lingkungan atau tempat tertentu seperti perkantoran, universitas, sekolah, dan sejenisnya.

Promosi lewat media tradisional

Yang diartikan tipe promo lewat media tradisionil ialah lewat media bikin seperti koran, majalah, tabloid, dan semacamnya, dan media electronic seperti radio dan tv, dan media di luar ruang seperti iklan spanduk atau papan iklan atau papan billboard.

Kelebihan jenis promosi lewat media tradisionil ialah bisa mencapai semakin banyak calon customer dibanding dengan promo secara fisik, karena capaian media yang memang lumayan luas.

Kekurangan langkah promosi lewat media tradisionil ialah memerlukan ongkos yang besar sekali, karena mengikutsertakan beberapa media besar seperti tv, penyuplai papan billboard, dan lain-lain.

Promosi lewat media digital

Jenis promosi lewat media digital meliputi media internet dan media sosial atau jaringan social. Ini ialah langkah kekinian untuk berpromosi karena memungkinkannya orang menyaksikan produk atau jasa yang dipropagandakan lewat tehnologi terbaru seperti handphone atau netbook. Banyak beberapa pebisnis yang telah berpindah memakai media digital sebagai taktik promo mereka karena media digital sekarang ini sebagai langkah paling efisien untuk mencapai customer mereka tiap hari. Lebih dari 2,7 miliar orang memakai internet di penjuru dunia, yakni sekitaran 40% dari komunitas dunia. 67% dari semua pemakai internet secara global memakai sosial media.

Kelebihan promosi memakai media digital ialah bisa mencapai orang secara benar-benar luas dengan biaya dan waktu yang efektif.

Kekurangannya berpromosi dengan media digital ialah banyak pesaing atau kompetitor yang turut bermain di dalamnya. Pekerjaan yang lumayan berat untuk beberapa pemasar supaya lebih inovatif kembali pada berpromosi di media digital ini supaya makin menarik calon customer dibanding pesaing.

Dari beberapa jenis promo di atas, promo lewat media digital ialah yang terbanyak dilaksanakan sekarang ini, karena factor efektivitas ongkos dan penebarannya yang luas dan lebih cepat.

Beberapa contoh Promosi

Contoh-contoh promo ada banyak yang umum kita jumpai setiap hari, beberapa pada mereka tampil berbeda dengan yang lain. Berikut beberapa beberapa contoh promo yang sangat umum :

- Promo dalam suatu toko : membeli 2 pasang sepatu bisa gratis 1 pasang sepatu tambahan
- Promo dari satu provider telekomunikasi : nelpon 5 menit bisa gratis telepon sepanjang 30 menit
- Promo dalam suatu department toko : bisa diskon 30% untuk satu produk tertentu
- Promo dalam suatu restaurant : membeli makanan tertentu gratis minuman

Dan banyak beberapa contoh promo yang lain yang sudah pasti arah intinya ialah menjala calon customer sebanyaknya agar bisa lakukan pembelian.

Promosi terbaik Sekarang ini

Kini ada satu aplikasi baru yang namanya Cashbac, yakni program yang memberi rewards pada tiap transaksi bisnis berbelanja dan makan. Tidak seperti program rewards lain di mana customer harus menanti lama untuk memperoleh rewards, Cashbac app memberi rewards langsung atau instant yang automatis langsung bisa dipakai di beberapa puluh merchant dan restaurant mitra yang telah bekerja bersama. Menjadikan pengalaman makan dan belanja kamu jadi lebih menyenangkan.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 25 Januari 22 - 21:30 WIB
Dalam Kategori : PENGERTIAN PROMOSI
Dibaca sebanyak : 77 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback